Peran Sutradara Dalam Memasukan Unsur Mise En Scene Pada Film Pendek "Ora Elok"

research
  • 22 Oct
  • 2024

Peran Sutradara Dalam Memasukan Unsur Mise En Scene Pada Film Pendek "Ora Elok"

Sherly Andriani Ifadah (44200818), Peran Sutradara Dalam Memasukan Unsur Mise En Scene Pada Film Pendek “Ora Elok”

Komunikasi merupakan sebuah proses dari penyampaian pesan kepada orang lain dengan tujuan pesan yang disampaikan dapat dipahami antara satu dengan yang lainnya. Salah satu penerapan dari media komunikasi adalah film. Film  sendiri merupakan sebuah tontonan hiburan yang menarik, dilain sisi film juga dapat menjadi wadah untuk penyampaian sebuah pesan. Film pendek “Ora Elok” merupakan sebuah film dengan durasi 10 menit yang memiliki genre horror dengan mengangkat cerita mengenai pamali. Film pendek ini menceritakan seorang laki-laki yang tak percaya akan pamali, ia menganggap hal tersebut sepele dan tetap melakukan kegiatan yang dianggap pamali hingga dirinya mendapat kejadian mistis. Penelitian ini memiliki fokus tujuan untuk mengetahui bagian dari sutradara, seperti pengertian dari sutradara, peran dan tugas sutradara, tahapan-tahapan yang akan dilakukan dalam pembuatan film, hingga pembuatan desain produksi suatu film pendek. Dan peran seorang sutradara dalam memasukan unsur mise en scene dalam film pendek “Ora Elok” guna membuat sebuah tayangan yang menarik.

 

Kata Kunci : Film Pendek, Peran Sutradara, Mise en scene

Unduhan

  • File_Cover.pdf

    COVER

    •   diunduh 15x | Ukuran 1,432 KB
  • Full_Skripsi.pdf

    FULL_SKRIPSI SHERLY ANDRIANI IFADAH

    •   diunduh 29x | Ukuran 2,908 KB

 

REFERENSI

Andreansyah, R., Purnomo, A. M., & Setiawan, K. (2024). Penerapan Komunikasi Non Verbal di Yayasan Penyandang Disabilitas . Karimah Tauhid, 3(1), 726–738. https://doi.org/10.30997/karimahtauhid.v3i1.11514

Elvaretta, V., & Ahmad, A. (2021). Perancangan Film Pendek yang Berjudul “Ask Myself.” Sense: Journal of Film and Television Studies, 4(2), 202–221. https://doi.org/10.24821/sense.v4i2.5425

Helmayuni., Haryanto, T., Marlida, S., Boer, R. F., Saktisyahputra., Abdullah, A. R., Prayogi, I. A., Rosman, A., Abidin, N, & Sunata, I., 2022. PENGANTAR ILMU KOMUNIKASI. Malang:CV.Literasi Nusantara Abadi

Melinda, V. (2023). ANALISIS RESEPSI PENONTON TAYANGAN DRAMA SERIAL THAILAND  GENRE BOY’S LOVE MENGENAI HOMOSEKSUAL. Jurnal Komunikasi Dan Media, 3(2), 146–159. https://doi.org/10.24167/jkm.v3i2.10286

Nurgiansah, T. H. (2021). PELATIHAN PENELITIAN TINDAKAN KELAS BAGI GURU PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN DI SEKOLAH MENENGAH ATAS SE-KABUPATEN BANTUL. BERNAS: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(1), 28–33. https://doi.org/10.31949/jb.v2i1.566

Putra, Ricky W & Thabathaba. (2022). PENGANTAR DASAR PERENCANAAN DAN PEMBUATAN FILM ANIMASI. Yogyakarta:ANDI (Anggota IKAPI)

Rafanani, Been. (2019). Bikin Film Pakai Smartphone Itu Keren. Yogyakarta:Araska Publisher.

Reynata, A. V. E. (2022). PENERAPAN YOUTUBE SEBAGAI MEDIA BARU DALAM KOMUNIKASI MASSA. KOMUNIKOLOGI: Jurnal Ilmiah Ilmu Komunikasi, 19(02). https://doi.org/10.47007/jkomu.v19i02.51

Sutandio, Anton. (2020). Dasar-dasar Kajian Sinema. Yogyakarta:Penerbit Ombak.

Vera, Nawiroh. (2022). SEMIOTIKA DALAM RISET KOMUNIKASI. PT Raja Graffindo Persada, Depok.